Tipe Loyalitas Member Cards


member cardMember Card adalah kartu keanggotaan dari sebuah organisasi, baik organisasi berorientasi pada laba maupun tidak. Kartu keanggotaan bagi organisasi non profit biasanya hanya untuk database saja, sedangkan bagi organisasi yang berorientasi laba (misal : retail) merupakan bagian dari upaya mempertahankan loyalitas pelanggannya karena dengan kartu tersebut pelanggan mendapatkan keuntungan-keuntungan tertentu misalnya : potongan harga. Tetapi apakah betul pelanggan akan tetap setia dengan member card tersebut? Mengingat konsumen di Indonesia masih sangat sensitif terhadap harga.

Ya… mereka para pemegang member card masih tetap setia… karena indikator setia menurut Griffin salah satunya adalah repeat buying atau membeli kembali. Para pemegang member card biasanya akan kembali untuk membeli dengan alasan-alasan tertentu, misal : promosi, kebutuhan.

Jika diamati tipe loyalitas pemegang member card ini ada dua tipe. Pertama, pemegang member card akan kembali membeli jika ada promosi. Kedua, pemegang member card akan kembali membeli hanya karena lokasi atau tidak ada pilihan lain. Tipe yang pertama menurut Schnaars dalam Tjiptono dan Chandra (2005) disebut juga tipe loyalitas Forced Loyalty. Tipe loyalitas kedua menurut Baran (2008) disebut juga Spurious Loyalty. Anda termasuk tipe yang mana? J


Leave a Reply